Shopee : Cara jualan, Keuntungan, Kerugian dan Tips Jualan di Shopee

Shopee : Cara jualan, Keuntungan, Kerugian dan Tips Jualan di Shopee

Kali ini saya akan membahas salah satu marketplace yang jor-joran banget dalam ‘bakar bensin’ demi menjaga user yang sudah ada dan juga mengakuisi user yang baru. 

Sebelum memulai bahasan mengenai cara jualan di Shopee, jangan lupa mulai baca dari cara memulai bisnis online dari nol untuk pemula.

****

Cara Jualan di Shopee

Untuk memulai berjualan di Shopee Anda membutuhkan akun Shopee terlebih dahulu, silahkan registrasi di halaman berikut ini daftar akun Shopee

Daftar akunnya bisa menggunakan aplikasi Shopeenya langsung dan bisa melalui komputer/laptop.

Cara Jualan di Shopee menggunakan Komputer

Kini Anda sudah punya akun Shopee, kemudian Anda klik “Jual” posisi pojok kiri atas. Bisa anda lihat gambar berikut ini : 

cara jualan di shopee

Atau Anda klik link berikut ini untuk diarahkan ke halaman menjual produk → Jualan di Shopee

Tampilan dashboard untuk Anda sebagai seller : 

cara jualan di shopee

Saya anggap Anda sudah punya produknya dan siap dipasarkan, sehingga Anda harus melakukan upload produk di akun seller Shopee Anda. 

Caranya sebagai berikut : 

  1. Klik Tambah Produk baru
    cara jualan di shopee
  2. Ketikkan Nama Produk Anda maksimal 100 karakter
    cara jualan di shopee
    Best practice :
    Karena cara kerja di Shopee ini by keyword atau kata kunci.Untuk mendapatkan pencarian yang maksimal coba Anda kombinasikan dengan manfaat produk Anda.

    Misal : jual madu dengan brand Madu Raja Salman dengan benefit yang didapatkan oleh pembelinya untuk menyuburkan pada wanita.

    Jadi nama produknya : Madu Raja Salman | Menyuburkan pada Wanita. Bisa dengan kombinasi lainnya sesuai dengan yang Anda riset ya.

  3. Pilih Kategori Produk yang sesuai dengan produk Anda, lalu klik Lanjut

  4. Masuk ke Informasi Produk Anda ketik Nama Produk, Deskripsi Produk dan juga Merek.
    cara jualan di shopee
    Jika merek Anda tidak ada dalam daftar yang sudah tersedia, Anda buat sendiri mereknya. Caranya sebagai berikut :
  5. Input Informasi Penjualan sesuai dengan produk Anda. Mulai dari harga jual, stok, Anda juga bisa menggunakan harga grosir, dan jika ada variasi warna, bentuk pada produknya bisa diaktifkan juga.
    cara jualan di shopee
  6. Pengaturan Media tujuannya upload foto produk Anda. Minimal 1 foto dan maksimal foto lainnya 8 foto.
    cara jualan di shopee
  7. Pengiriman, Anda bisa setting mulai dari berat, ukuran paket dan juga jasa ekspedisi yang Anda gunakan. Bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan dan kebijakan Anda sendiri.
    cara jualan di shopee
  8. Lainnya, Anda bisa set produknya apakah pre-order, kondisinya baru atau bekas, dan SKU induk jika produknya gak banyak gak perlu diisi. Lalu klik, Tampilkan.
    cara jualan di shopee
  9. Untuk melihat tampilan produk jika sudah tampil di Shopee-nya tinggal klik gambar produknya pada gambar berikut ini :
    cara jualan di shopee
  10. Lalu akan dibawa ke halaman produknya, dan klik bagian Tampilkan Produk pada gambar dibawah ini.
    cara jualan di shopee

  11. Tampilan produknya sebagai berikut :

Cara Jualan di Shopee menggunakan Aplikasi Shopee

Saya asumsikan Anda sudah memiliki install dan punya akun Shopee. Sehingga, saya langsung menjelaskan cara jualan di Shopee ya. 

  1. Buka aplikasi Shopee dan klik icon Saya
    cara jualan di shopee
  2. Klik bagian Mulai Jual
    cara jualan di shopee
  3. Klik tombol Tambah Produk

  4. Maka akan muncul box seperti digambar bawah ini, saya menggunakan yang Kamera. Anda bisa pilih dari ketiganya.
    cara jualan di shopee 
  5. Maka jika sudah selesai upload gambarnya, silahkan Anda lengkapi beberapa field dibawah ini.
    cara jualan di shopee
  6. Jika sudah selesai, langkah terakhir ini untuk masukkan rekening bank Anda.
    cara jualan di shopee

Keuntungan berjualan di Shopee

Sebelum membahas keuntungan berjualan di Shopee, saya mau menyajikan beberapa data biar agak dalem aja bahasan di tulisan ini. Hehe 

Saya ambil beberapa data nih ya, yang pertama dari Katadata kalo Shopee adalah Top E-Commerce berdasarkan Ranking PlayStore Kuartal I 2017-Kuartal II 2019.

cara jualan di shopee

Source : katadata.co.id

Ada satu lagi data dari Ubersuggest kalo traffic organik bulanannya sekitar 113.798 visitor organik per bulan diluar Shopeenya sendiri ngiklan pastinya ya. 

cara jualan di shopee

Source : Ubersuggest

Jadi keuntungannya apa?

  1. Anda dapat trafik atau pengunjung dengan gratis, jadi Anda fokus jualan atau mencari produk yang paling dicari di Shopee.
  2. Gak mikirin masalah teknis mengenai website, mulai dari gak mikirin tagihan server bulanannya, server yang kena phising, dan masalah-masalah teknis lainnya.
  3. Kemudahan dalam sistem pembayaran yang cenderung melihat kebutuhan pasar. Misal : Calon konsumen Anda hanya ingin COD (Cash On Delivery), nah di Shopee bisa mengakomodasi COD ini.
  4. Banyaknya program-program mulai dari diskon, potongan harga, free ongkir, program promo di tanggal-tanggal cantik, dan ini bisa Anda manfaatkan untuk mengangkat penjualan toko Anda.
  5. Adanya program penghargaan bagi penjual dengan syarat dan ketentuan yang berlaku. Jika S&K Anda mendapat penghargaan menjadi Star Seller. Untuk lihat S&K bisa Anda cek disini

Tidak ada plaftform yang sempurna, tetap ada kerugiannya. Ya gak? 😀 

 

Kerugian berjualan di Shopee

Mari saya mulai kerugiannya :

  • Database pembeli Anda = database Shopee juga kan?
    Jadi, coba move on pelan-pelan untuk mandiri mendirikan website dan mendatangkan trafik sendiri. Case yang paling mudah Anda kunjungi Alfamart/Indomaret dah, ada beberapa produk yang ujungnya mereka produksi sendiri. Kenapa mereka bisa gitu?Karena mereka punya data produk yang winning untuk diproduksi, dijual sendiri dan dilabeli pula dengan brand mereka. Hingga akhirnya toko Anda kena tendang juga.
  • Perang Harga
    Tidak bisa dihindari kalo di marketplace Anda siap untuk perang harga. Di marketplace ini bukan lagi persaingan kualitas produk, servis Anda tapi perang harga. Bahkan ada seller yang berani jual rugi yang penting barang keluar.Jadi mereka dapat cuannya dari fee ekspedisi. :(Mau sampe kapan bambank jualan dimari?
  • Punya Reputasi dan Review banyak yang akan Menang?
    Ya sebagian besar behaviour orang yang berkunjung ke marketplace, melihat dan membaca terlebih dahulu reputasi toko, review-nya banyak bintang berapa, belum lagi riset kecil-kecilan ke beberapa toko, ada penawaran promo apa yang menarik.Belum lagi membanding-bandingkan harga yang paling murah di toko mana.Sehingga, untuk pemula butuh perjuangan untuk mendapatkan reputasi dan review diawal.

    Bahkan melakukan fake order untuk mendapatkan kedua ini.

Tips Berjualan di Shopee

  1. Jika Anda seorang dropshipper Anda usahakan untuk beli produknya terlebih dahulu untuk tahu kualitas produknya, sehingga Anda tahu value apa yang Anda jual dari produk tersebut.
  2. Buatlah gambar, video yang menarik calon konsumen Anda. Karena di Shopee gambar yang dibikin hampir sama semuanya sehingga kurang menarik pengunjung toko Anda.
  3. Buatlah copywriting yang menarik juga untuk pengunjung toko Anda.Gimana copywriting yang menarik?
    Test….test….test… Anda bisa bikin beberapa variasi copywriting ya.
  4. Pasanglah harga yang wajar dan Anda mengambil margin produk yang cukup untuk menghidupi bisnis Anda dan Anda juga tentunya. 

Mudah-mudahan bermanfaat tulisan ini, silahkan bagikan ya. 

Semoga Anda sehat selalu. 

Baca juga :  5 Cara Mudah Jualan di Instagram dengan 0 Followers