5 Cara Memulai Bisnis Online dari Nol untuk Pemula

5 Cara Memulai Bisnis Online dari Nol untuk Pemula

Untuk memulai sebuah bisnis online dari nol sangatlah mudah, yang sulit itu berdasarkan pengalaman saya adalah menjaga, dan membangun untuk tetap berdiri bisnis online tersebut. 

Tapi tenang, seiring dengannya waktu Anda akan terbiasa dan terus belajar kok, yang penting don’t give up, keep moving forward.

Sebelumnya bisnis online itu macamnya banyak banget ya, tapi coba saya rumuskan dengan pengalaman diri saya sendiri. 

Di bisnis online Anda bisa jualan jasa dan produk. Produknya pun bisa produk fisik dan juga produk digital (E-book, aplikasi, website, dan lain-lain). 

Karena pengalaman saya di bisnis online ini kebanyakan menjual produk dan produknya fisik maka di artikel ini saya akan banyak arahnya ke bagaimana bisnis online dengan berjualan produk fisik.

****

Untuk Anda yang belum punya pengalaman sama sekali berbisnis online, hal termudah memulai bisnis online ini ada 5 hal yang perlu Anda siapkan. Antara lain : 

  1. Lakukan riset market 

Mulailah dari meriset marketnya dulu bukan produknya dulu, karena bermula dari marketlah maka akan ada problem yang membutuhkan solusinya. 

Sekarang cara riset market gimana?

  • Mulai dari hobi/passion Anda 

Setiap manusia memiliki hobi atau passion, tentunya Anda juga punya hobi tertentu. 

Contohnya saya punya hobi running nih, saya akan berikan ilustrasi dengan gambar dibawah ini : 

 Cara Memulai Bisnis Online dari Nol

Untuk running sendiri saya klasifikasikan 2 hal yang pertama sesuai kebutuhan (needs) dasarnya hanya tiga nih sesuai ilustrasi diatas, sepatu lari, kaos kaki, celana khusus lari. 

Diluar dari itu saya klasifikan berdasarkan interest atau pelengkapnya saja, contohnya topi, smartwatch, kacamata, dan lain-lain, 

Belum lagi kebutuhan jika mengalami cedera, atau untuk maintenance badan terutama bagian kaki otomatis butuh produk juga kan? Untuk kasus ini butuh jasa fisiotetrapi. 

Nah dari kedua klasifikasi diatas, Anda sendiri sampai disini sudah bisa mengambil kesimpulankan. Mau jualan apa kan ya?

Untuk produknya mau ngambil darimana, bisa Anda manfaatkan kerjasama dari : 

  • Circle pertemanan dari hobi Anda itu sendiri.
    Biasanya dari situ selalu ada yang sudah berjualan sebelumnya, bisa Anda eksplore dan eksploitasi informasi-informasi dari circle pertemanan tersebut. Yuk manfaatkan yuk. 🙂 
  • Marketplace
    Marketplace udah pada tau kan ya, Tokopedia, Lazada, Shopee, Bukalapak, dll. Bisa dimanfaatkan banget, risetnya gimana?

    Next postingan aja detail riset produk dan supplier ya.

    Cari informasinya : mulai harganya gimana dipasaran, alur menjadi dropship, sampai ke masalah pembayarannya. 
  • Forum
    Forum-forum seperti Kaskus, atau forum yang ada di Facebook juga bisa Anda manfaatkan. Mulai cari dengan postingan yang mencari mitra kerjasama (agen, reseller, dropship) biasanya yang punya postingan (sebagai produsen) memberikan detail kerjasamanya, kalau kurang jelas tanyakan melalui jaringan pribadi aja gitu.
Baca juga :  Inilah Cara Mudah Siaran Langsung (Live) di Facebook


Sesimpel gitu kok.

  • Riset market menggunakan Tools

Riset market yang menggunakan tools ini bisa Anda manfaatkan Google Trends. Contohnya market yang suka memancing :

 Cara Memulai Bisnis Online dari Nol

Setting pencariannya di Indonesia, 90 hari artinya 3 bulan ke belakang datanya, semua kategori dan pencarian di website. 

Dari data diatas bisa Anda olah lagi tuh, coba masalah yang sering terjadi di topik memancing ini apa? 

  • Umpan
  • Peralatan pancingnya 
  • Peralatan manusianya ketika memancing

Itu salah satu contohnya ya, silahkan Anda eksplore sesuka hati Anda. 

  1. Tentukan Produk yang Mau Dijual 

Berangkat dari riset market, maka akan menemukan permasalahan-permasalahan yang dihadapi oleh market. 

Contohnya menghadapi bulan Ramadhan kecenderungan habit market di Indonesia sudah jauh-jauh hari mempersiapkan untuk belanja gamis, busana muslim lainnya untuk lebaran. 

Sebelum terjun menjual tetap pentingnya riset produk dengan menggunakan Google Trend. Datanya untuk gamis dalam 3 bulan ke belakang menunjukkan akan naik trendnya : 

 Cara Memulai Bisnis Online dari Nol

Oke dari data diatas Anda bisa memulai mencari supplier gamis dengan berbagai macam cara. 

Bisa cara offline dengan mendatangi pasar-pasar tradisional seperti pasar Tanah Abang yang di Jakarta, pasar Baru di Bandung, dll. 

Kalau cara online Anda bisa mengunjungi marketplace seperti Shopee, Tokopedia, Lazada, forum seperti Kaskus, dll. 

Saya akan berikan contoh riset supplier di Shopee.

Caranya sebagai berikut : 

  1. Mulai dengan mengetikkan keywordnya yakni Gamis 
  2. Filter bisa mulai dengan Terlaris 
  3. Lalu, centang Star Seller
  4. Kemudian pilih dan cari sesuai dengan penilaian yang lainnya contohnya Anda bisa cek bagaimana penilaian produknya, kemudian pertimbangkan juga untuk ratingnya kebanyakan dapat rating berapa, jika ragu tanyakan langsung apakah mereka open reseller/dropshipper.

    Contoh perbandingan rating yang mendapatkan bintang 5-nya banyak dibandingkan bintang 3 kebawah.

Saya sarankan Anda beli dulu gamisnya, tes apakah bahannya nyaman untuk digunakan, kalo misal harga di markup apakah pantas harganya kalo di markup dari 50rb sampe 200rb, untuk kontennya pun jika sudah dibeli bisa digunakan juga untuk konten jualan.

  1. Membuat Konten Marketing

Konten marketing yang artinya Anda harus menyiapkan gambar, caption atau dikenal dengan copywriting yang harapannya target market yang Anda dapat membeli produk Anda. 

Tapi, tak semudah itu mengkonversi orang yang melihat produk Anda langsung membelinya. Ada namanya funneling, tapi saya tidak akan bahas terlebih dahulu funneling karena disini akan bahas konten marketing. 

Saya dan tim biasanya menggunakan rumus pada umumnya seperti dibawah ini : 

 Cara Memulai Bisnis Online dari Nol

Saya akan membahasnya lebih ke sudut pandang berpikirnya saja dan pengaplikasiannya jadi mudah dipraktekkan. 

Awareness (Attention) : Kalau pengaplikasiannya ke konten iklan gini sih ; gimana sih caranya konten kita ini minimal dilirik dan target market berhenti scrolling. Artinya bagaimana menarik perhatiannya target market nih. 

Interest : Disini target market sudah mulai kepo-kepo, minimal kepo-keponya lihat gambar atau video yang Anda publish diliatin lama banget durasinya ya gak? 

Kalau dari sudut pandang Anda, gimana cara ningkatin rasa suka atau interestnya ke target market. Misalnya konten-konten benefit produk Anda, fitur apa saja yang ada, dll.

Desire : Buat mereka merasa butuh, padahal hanya keinginan semata. Dengan konten-konten meyakinkan calon konsumen Anda, misal dengan konten testimonial, live streaming di IG agar membangun engagement dan memberikan keyakinan terus ke dalam alam bawah sadar calon konsumen Anda. 

Action : Saatnya Anda memberikan konten yang berisi seluruh kontak yang bisa dihubungi oleh calon konsumen Anda. Berikan bumbu-bumbu scarcity atau keterbatasan, dll. Silahkan bisa Anda improvisasi konten ini. 

  1. Channel Pemasaran 

Hal terpenting dalam dunia bisnis, saatnya Anda memasarkannya agar bisnis Anda bisa berjalan. 

Channel pemasaran pada bisnis online saya sarankan Anda membangun website. 

Website itu ibarat rumah Anda, Anda memiliki seluruh tanggung jawab Anda disana. Saya memberikan ilustrasi website dan channel pemasaran seperti pada gambar dibawah ini : 

 Cara Memulai Bisnis Online dari Nol

Memulainya dari website Anda sendiri, dan sedangkan jika memulai dari sosial media, marketplace Anda hanya numpang jualan disana.

Baca juga :  5 Cara Mudah Jualan di Instagram dengan 0 Followers

Saya tidak tahu jika busuk-busuknya tahun depan Facebook lenyap, gitukan gak tau dinamis dunia bisnis online ini gaes.

  1. Tentukan Goal dan Never Give Up!

Dari nomor satu sampai keempat, sangat bisa Anda pelajari bahkan bisa Anda delegasikan jika memiliki modal lebih. Tapi jika Anda masih single fighter, mulai dengan tentukan goalnya. 

Goalnya adalah bisa berbentuk angka; target omset, profit, atau apa saja yang bisa Anda ukur dalam bentuk angka. 

Saya berikan contoh yang mulai dari target omset, sampai di breakdown ke target harian harus closing berapa unit. Contohnya pada gambar dibawah ini :

 Cara Memulai Bisnis Online dari Nol

Jadi itulah kelima cara memulai bisnis dari nol untuk pemula, mudah-mudahan dengan kelima cara diatas memudahkan Anda untuk mulai bisnis dari sekarang. 

Jika bermanfaat silahkan bagikan artikel ini. 

Selamat pagi!