5 Alokasi Dana yang Wajib Setiap Bulannya

5 Alokasi Dana yang Wajib Setiap Bulannya

Tulisan ini sebenarnya saya angkat dari postingan di Instagram saya pribadi.

Btw jangan lupa di follow Instagram saya @galihqisty

Postingannya bisa di cek disini –> https://www.instagram.com/p/B0fT0YpFJmo/

*****

Masalah keuangan ini seperti yang pernah saya alami, tidak pernah diajari oleh orang tua.

Pada akhirnya saya belajar dari istri saya, yang super irit banget kalo mau beli sesuatu dipikirin banget berat-berat. šŸ˜€

Maklum pribadi melankolis dan didukung dengan habit dia dari sejak SMP kebawa sampai sekarang. Saya bersyukur banget bisa dapat jodoh yang bisa ngirit begini, karena saya basic-nya gak bisa sama sekali ngatur keuangan.

Pada akhirnya nemu sebuah akun di Instagram yang bahasannya mengenai finansial literasi.

Follow gih @jouska saya gak ada di endorse sama sekali, karena bahasannya yang relate dengan kehidupan sehari-hari bahkan kehidupan pribadi. Sehingga, beberapa kali mereka mengadakan event saya beberapa kali mengikuti event mereka.

Baca juga :  Cara Menciptakan Kebiasaan Baik

*****

Bahasan pentingnya saya rangkum saja mengenai cara mengatur keuangan untuk pribadi (bagi yang belum memiliki pasangan juga cocok) dan 5 alokasi dana yang wajib diperhitungkan setiap bulannya.

Cara mengaturnya ya mudah banget sebenarnya cuma butuh kedisiplinan, ya gak? šŸ˜€Ā 

Nah yang diatur ada lima dana yang perlu disiapkan agar hidup nyaman dan aman apalagi di masa pandemi gini sangat berguna banget nih kalo udah disiplin nyisihin uang sebelum-sebelumnya.

Apa saja lima alokasi dana tersebut? Check this out

a. Dana Darurat

Dana darurat sifatnya HARUS likuid atau mudah dicairin, cepat dan perhitungan budgetnya 3x income yearly atau 3-6x gaji bulanan. Contoh yang cocok untuk dana darurat : deposito dan tabungan.

b. Dana Asuransi

Asuransi ini dibagi dua bagian yang paling penting : asuransi kesehatan dan asuransi jiwa.

Tapi prioritas utama adalah asuransi kesehatan, gimana klo udah ada BPJS? Terusin aja dan tambah dari provider asuransi yang nyediain asuransi kesehatan buat jaga-jaga atau proteksi.

Baca juga :  Aturan Goldilocks : Agar Bertumbuh dan Berkembang

Mindsetnya dana asuransi ini bukan investasi, tapi dana yang disiapkan untuk ‘lenyap’.

Please no debat, bahasan halal dan haramnya sesuaikan saja dengan keyakinan.

c. Dana pensiun

Dana pensiun Ini tentuin mau di usia berapa kira-kira mau pensiun, gak mungkin kerja terus pasti dong mau nikmatin masa tua.

Bentuknya harus gimana dana pensiun ini?

Saya pribadi dana pensiun dikumpulkan dalam bentuk saham, yang pertama senangnya dengan saham adanya faktor compounding-nya sehingga menarik untuk menyimpan dana pensiun dalam bentuk saham.

d. Dana pendidikan

Ini sebenarnya bisa diprediksi dan disiapin dari sekarang.

Misal anak saya sekarang usianya 1 tahun, artinya 4-5 tahun lagi anak saya sudah mulai masuk TK, dan bahayanya dana pendidikan itu kenaikan inflasinya tiap tahun sekitar 15%-20%.

Strateginya gimana dong bisa menangkal inflasi ini?
Saya pribadi uang pendidikan dimasukkan ke saham, karena faktor compounding-nya tadi. Sehingga, bisa menangkal inflasi per tahunnya.

Baca juga :  Cara Menghentikan Kebiasaan Buruk

d. Investing

Faktanya dari acara Jouska bentuk investasi terbaik hanya ada 2 instrumen :

  • SAHAM (stock)
  • OBLIGASI (bonds)

Reksadana? Emas? Property? Bisa aja sih nyamannya dimana, dan risk factor tiap individu kan beda-beda, dan lagi pengalaman dan juga ilmu pengetahuannya untuk investasi ini juga beda-beda.

Ada yang nyaman di emas ya monggo, atau di reksadana ya juga monggo.

Saya pribadi saat ini di saham dan di obligasi untuk investasi.

*****

Kesimpulan

Sekarang sudah tau kan ya dana yang perlu disiapkan, nah sekarang caranya untuk misahin setelah dapat uang. Biasanya langsung dipisah pas hari pertama dapat uangnya, jadi bukan sisanya.

Tapi sudah di pos-pos dari awal.

Oh iya urutan prioritasnya dari kelima dana diatas, poin a sampai dengan b prioritas awal.Ā Ā 

Gimana kalau ada hutang? Ya selesaikan dulu hutangnya baru, menuju poin c sampai dengan d.

*****

Semoga bermanfaat tulisan ini, mohon maaf jika ada kesalahan penulisan tolong koreksi langsung aja ya.

Sehat selalu gaes. ?